Pemanfaatan
Powerpoint dalam Pemberian Layanan Pembelajaran
Fitrria Bayu Setya Dewi (
11.0301.0016) Hesti Yunitasari ( 11.0301.0019)
Rasyit Adi Prasetya (
11.0301.0021) Chusnatul Baroroh ( 11.0301.0022)
Lina Andriyani ( 11.0301.0039)
Angga Tri Hertanto ( 11.0301.0045)
Program Studi Bimbingan Konseling
Universitas Muhammadiyah Magelang
Email: andriyani.lina@ymail.com
A.
Abstrak
Program
pembelajaran yang berbasis komputer efektif dalam mempertahankan minat peserta
didik, karena mampu memadukan berbagai jenis media, gambar bergerak selayaknya
informasi yang tercetak.
Media pembelajaran berbasis komputer tersebut khususnya adalah piranti lunak presentasi Microsoft office powerpoint. Power point
merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft yang diperuntukkan sebegai media
presentasi.
Ada berbagai
macam cara dilakukan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa,
diantaranya adalah dengan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan. Untuk
mengikuti perkembangan zaman dan juga tuntutan tujuan pembelajaran, guru dituntut
kreatif dalam meningkatkan sarana proses pembelajaran salah satunya adalah
penggunaan Microsoft powerpoint.
Microsoft
PowerPoint juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari
Microsoft PowerPoint salah satunya adalah Penyajiannya menarik karena ada
permainan warna, huruf dan animasi, baik animasi teks maupun animasi gambar
atau foto. Sedangkan salah satu kekurangan dari Microsoft PowerPoint yaitu Jika
yang digunakan untuk presentasi di kelas adalah PC, maka para pendidik harus
direpotkan oleh pengangkutan dan penyimpanan PC tersebut.
B.
Pendahuluan
Pada saat
ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menyentuh segala
aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang merasakan manfaat tersebut
adalah pendidikan. Pendidikan saat ini telah memberikan pengaruh yang besar
terhadap kehidupan manusia terutama pendidikan yang menggunakan produk
teknologi. Pendidikan merupakan sumber kemajuan bangsa yang menentukan daya
saing bangsa.
Pengguanaan
komputer oleh guru sebagai salah satu produk teknologi informasi dan komunikasi
dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk itu, seorang guru
dituntut untuk kreatif guna meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan mutu
pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru seyogyanya mulai menyadari
pentingnya aspek teknologi untuk menunjang proses pembelajaran, salah satunya
adalah bahan sajian yang menggunakan komputer.
Program
pembelajaran yang berbasis komputer efektif dalam mempertahankan minat peserta
didik, karena mampu memadukan berbagai jenis media, gambar bergerak selayaknya
informasi yang tercetak.
Media pembelajaran berbasis komputer tersebut khususnya adalah piranti lunak presentasi Microsoft office powerpoint.
C.
Microsoft
Office Powerpoint
Power point merupakan salah satu aplikasi dari
Microsoft yang diperuntukkan sebegai media presentasi. Pada dasarnya banyak
media presentasi saat ini yang dikembangkan oleh vendor-vendor lain, tetapi
khususnya di Indonesia power point menjadi salah satu pilihan yang tidak asing
lagi. Power point mungkin dianggap salah satu aplikasi yang dianggap sangat
friendly bagi penggunanya. Power Point berjalan di atas komputer PC berbasis
sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan
sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di
atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh
kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer.
D.
Layanan
Pembelajaran
Layanan
pembelajaran merupakan layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan
peserta didik mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar
yang baik, materi belajar yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya,
serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya, sesuai dengan
perkembangan ilmu, teknologi dan kesenian.
Layanan pembelajaran kini sudah diganti dengan layanan
penguasaan konten. Layanan penguasaan konten merupakan suatu layanan bantuan
kepada siswa baik sendiri maupun dalam kelompok untuk menguasai kemampuan atau
kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar.
E.
Pemanfaatan
powerpoint dalam Pemberian Layanan Pembelajaran
Dalam perkembangan dan kehidupannya, setiap siswa
perlu menguasai berbagai kemampuan atau kompetensi. Dengan kemampuan atau
kompetensi itulah siswa hidup dan berkembang. Umumnya kemampuan atau kompetensi
tertentu harus dipelajari. Dengan perkataan lain kepemilikan kemampuan atau
kompetensi tertentu oleh siswa harus melalui proses belajar. Dalam rangka ini,
sekolah harus bias memenuhi kebutuhan belajar siswa.
Ada berbagai macam cara dilakukan oleh guru untuk
memenuhi kebutuhan belajar siswa, diantaranya adalah dengan meningkatkan sarana
dan prasarana pendidikan. Untuk mengikuti perkembangan zaman dan juga tuntutan
tujuan pembelajaran, guru dituntut kreatif dalam meningkatkan sarana proses
pembelajaran salah satunya adalah penggunaan Microsoft powerpoint. Melaui
Microsoft powerpoint yang ditayangkan tidak saja berupa tulisan-tulisan
yang mungkin sangat membosankan, tetapi dapat juga ditampilkan gambar-gambar
dan suara-suara menarik yang tersedia dalam program Power Point. Guru BK dapat
pula memasukkan gambar-gambar di luar fasilitas power point, sehingga sasaran
yang akan dicapai menjadi lebih optimal. Gambar-gambar yang disajikan melalui
program Power Point tidak statis seperti yang terdapat pada Over Head Projector
(OHP). Guru BK dapat memasukkan gambar-gambar yang bergerak, bahkan konselor
bisa melakukan insert gambar-gambar yang ada di sebuah film.
Pada prinsipnya program ini terdiri dari beberapa unsur rupa, dan
pengontrolan operasionalnya. Unsur rupa yang dimaksud, terdiri dari slide,
teks, gambar dan bidang-bidang warna yang dapat dikombinasikan dengan latar
belakang yang telah tersedia. Unsur rupa tersebut dapat kita buat tanpa gerak,
atau dibuat dengan gerakan tertentu sesuai keinginan kita. Penggunaan program
ini memiliki banyak kegunaan diantaranya: (1) Siswa akan lebih memperhatikan
selama proses pembelajaran karena model pembelajaran yang menarik, (2) Siswa
akan lebih mudah mengingat materi yang diberikan guru, (3) Guru lebih mudah
dalam menyampaikan materi karena sudah diatur menggunakan slide-slide, (4)
Selama proses pembelajaran tidak akan membosankan Karena penyampaiannya lebih
interaktif dan menarik.
F.
Kelebihan
powerpoint dalam pembelajaran
Media Microsoft Powerpoint di dalam proses
pembelajaran memiliki beberapa kelebihan diantaranya : Penyajiannya menarik
karena ada permainan warna, huruf dan animasi, baik animasi teks maupun animasi
gambar atau foto; Lebih merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi
tentang bahan ajar yang tersaji; Pesan informasi secara visual mudah dipahami
peserta didik; Tenaga pendidik tidak perlu banyak menerangkan bahan ajar yang sedang
disajikan; Dapat diperbanyak sesuai kebutuhan, dan dapat dipakai secara berulang-ulang;
Dapat disimpan dalam bentuk data optik atau magnetik. (CD / Flashdisk),
sehingga paraktis untuk di bawa ke mana-mana.
G. Kekurangan powerpoint dalam
pembelajaran
Selain memiliki kelebihan, media Microsoft power
point juga memiliki kekurangan didalam proses pembelajaran diantaranya: Harus
ada persiapan yang cukup menyita waktu dan tenaga; Jika yang digunakan untuk
presentasi di kelas adalah PC, maka para pendidik harus direpotkan oleh
pengangkutan dan penyimpanan PC tersebut; Jika layar monitor yang digunakan
terlalu kecil maka kemungkinan besar
siswa yang duduk jauh dari monitor kesulitan melihat sajian bahan ajar yang
ditayangkan di PC tersebut; Para pendidik harus memiliki cukup kemampuan untuk
mengoperasikan program ini, agar jalannya presentasi tidak banyak hambatan.
H.
KESIMPULAN
Berdasarkan
uraian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa media Power Point mempunyai
banyak kelebihan untuk digunakan sebagai media penyampaian layanan
pembelajaran. Dengan menggunakan media powerpoint siswa akan lebih
memperhatikan materi yang diberikan karena metodenya bervariasi sehingga proses
pembelajaran lebih kondusif. Selain itu, guru juga lebih mudah menjelaskan
karena materi yang disampaikan bersifat point-point.
DAFTAR
PUSTAKA
Sukardi, Dewa Ketut. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan
Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja
Grafindo Persada
http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_PowerPoin
http://www.scribd.com/doc/95269475/Kelebihan-Dan-Kekurangan-Power-Point
Tidak ada komentar:
Posting Komentar