Senin, 08 Juli 2013

Pemanfaatan Powerpoint dalam Pemberian Layanan Pembelajaran

Pemanfaatan Powerpoint dalam Pemberian Layanan Pembelajaran
Fitrria Bayu Setya Dewi ( 11.0301.0016) Hesti Yunitasari ( 11.0301.0019)
Rasyit Adi Prasetya ( 11.0301.0021) Chusnatul Baroroh ( 11.0301.0022)
Lina Andriyani ( 11.0301.0039) Angga Tri Hertanto ( 11.0301.0045)
Program Studi Bimbingan Konseling
 Universitas Muhammadiyah Magelang
Email: andriyani.lina@ymail.com
A.   Abstrak
Program pembelajaran yang berbasis komputer efektif dalam mempertahankan minat peserta didik, karena mampu memadukan berbagai jenis media, gambar bergerak selayaknya informasi yang tercetak. Media pembelajaran berbasis komputer tersebut  khususnya adalah piranti lunak presentasi Microsoft office powerpoint. Power point merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft yang diperuntukkan sebegai media presentasi.
Ada berbagai macam cara dilakukan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa, diantaranya adalah dengan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan. Untuk mengikuti perkembangan zaman dan juga tuntutan tujuan pembelajaran, guru dituntut kreatif dalam meningkatkan sarana proses pembelajaran salah satunya adalah penggunaan Microsoft powerpoint.
Microsoft PowerPoint juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari Microsoft PowerPoint salah satunya adalah Penyajiannya menarik karena ada permainan warna, huruf dan animasi, baik animasi teks maupun animasi gambar atau foto. Sedangkan salah satu kekurangan dari Microsoft PowerPoint yaitu Jika yang digunakan untuk presentasi di kelas adalah PC, maka para pendidik harus direpotkan oleh pengangkutan dan penyimpanan PC tersebut.
B.   Pendahuluan

Pada saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menyentuh segala aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang merasakan manfaat tersebut adalah pendidikan. Pendidikan saat ini telah memberikan pengaruh yang besar terhadap kehidupan manusia terutama pendidikan yang menggunakan produk teknologi. Pendidikan merupakan sumber kemajuan bangsa yang menentukan daya saing bangsa.
Pengguanaan komputer oleh guru sebagai salah satu produk teknologi informasi dan komunikasi dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk itu, seorang guru dituntut untuk kreatif guna meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan mutu pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru seyogyanya mulai menyadari pentingnya aspek teknologi untuk menunjang proses pembelajaran, salah satunya adalah bahan sajian yang menggunakan komputer. Program pembelajaran yang berbasis komputer efektif dalam mempertahankan minat peserta didik, karena mampu memadukan berbagai jenis media, gambar bergerak selayaknya informasi yang tercetak. Media pembelajaran berbasis komputer tersebut  khususnya adalah piranti lunak presentasi Microsoft office powerpoint.

C.   Microsoft Office Powerpoint
Power point merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft yang diperuntukkan sebegai media presentasi. Pada dasarnya banyak media presentasi saat ini yang dikembangkan oleh vendor-vendor lain, tetapi khususnya di Indonesia power point menjadi salah satu pilihan yang tidak asing lagi. Power point mungkin dianggap salah satu aplikasi yang dianggap sangat friendly bagi penggunanya. Power Point berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer.
D.   Layanan Pembelajaran
Layanan pembelajaran merupakan layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, materi belajar yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya, serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya, sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi dan kesenian.
Layanan pembelajaran kini sudah diganti dengan layanan penguasaan konten. Layanan penguasaan konten merupakan suatu layanan bantuan kepada siswa baik sendiri maupun dalam kelompok untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar.
E.   Pemanfaatan powerpoint dalam Pemberian Layanan Pembelajaran
Dalam perkembangan dan kehidupannya, setiap siswa perlu menguasai berbagai kemampuan atau kompetensi. Dengan kemampuan atau kompetensi itulah siswa hidup dan berkembang. Umumnya kemampuan atau kompetensi tertentu harus dipelajari. Dengan perkataan lain kepemilikan kemampuan atau kompetensi tertentu oleh siswa harus melalui proses belajar. Dalam rangka ini, sekolah harus bias memenuhi kebutuhan belajar siswa.
Ada berbagai macam cara dilakukan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa, diantaranya adalah dengan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan. Untuk mengikuti perkembangan zaman dan juga tuntutan tujuan pembelajaran, guru dituntut kreatif dalam meningkatkan sarana proses pembelajaran salah satunya adalah penggunaan Microsoft powerpoint. Melaui Microsoft powerpoint yang ditayangkan tidak saja berupa tulisan-tulisan yang mungkin sangat membosankan, tetapi dapat juga ditampilkan gambar-gambar dan suara-suara menarik yang tersedia dalam program Power Point. Guru BK dapat pula memasukkan gambar-gambar di luar fasilitas power point, sehingga sasaran yang akan dicapai menjadi lebih optimal. Gambar-gambar yang disajikan melalui program Power Point tidak statis seperti yang terdapat pada Over Head Projector (OHP). Guru BK dapat memasukkan gambar-gambar yang bergerak, bahkan konselor bisa melakukan insert gambar-gambar yang ada di sebuah film.
Pada prinsipnya program ini terdiri dari beberapa unsur rupa, dan pengontrolan operasionalnya. Unsur rupa yang dimaksud, terdiri dari slide, teks, gambar dan bidang-bidang warna yang dapat dikombinasikan dengan latar belakang yang telah tersedia. Unsur rupa tersebut dapat kita buat tanpa gerak, atau dibuat dengan gerakan tertentu sesuai keinginan kita. Penggunaan program ini memiliki banyak kegunaan diantaranya: (1) Siswa akan lebih memperhatikan selama proses pembelajaran karena model pembelajaran yang menarik, (2) Siswa akan lebih mudah mengingat materi yang diberikan guru, (3) Guru lebih mudah dalam menyampaikan materi karena sudah diatur menggunakan slide-slide, (4) Selama proses pembelajaran tidak akan membosankan Karena penyampaiannya lebih interaktif dan menarik.

F.    Kelebihan powerpoint dalam pembelajaran
Media Microsoft Powerpoint di dalam proses pembelajaran memiliki beberapa kelebihan diantaranya : Penyajiannya menarik karena ada permainan warna, huruf dan animasi, baik animasi teks maupun animasi gambar atau foto; Lebih merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji; Pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik; Tenaga pendidik tidak perlu banyak menerangkan bahan ajar yang sedang disajikan; Dapat diperbanyak sesuai kebutuhan, dan dapat dipakai secara berulang-ulang; Dapat disimpan dalam bentuk data optik atau magnetik. (CD / Flashdisk), sehingga paraktis untuk di bawa ke mana-mana.
G.  Kekurangan powerpoint dalam pembelajaran
Selain memiliki kelebihan, media Microsoft power point juga memiliki kekurangan didalam proses pembelajaran diantaranya: Harus ada persiapan yang cukup menyita waktu dan tenaga; Jika yang digunakan untuk presentasi di kelas adalah PC, maka para pendidik harus direpotkan oleh pengangkutan dan penyimpanan PC tersebut; Jika layar monitor yang digunakan terlalu kecil  maka kemungkinan besar siswa yang duduk jauh dari monitor kesulitan melihat sajian bahan ajar yang ditayangkan di PC tersebut; Para pendidik harus memiliki cukup kemampuan untuk mengoperasikan program ini, agar jalannya presentasi tidak banyak hambatan.

H.    KESIMPULAN
Berdasarkan uraian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa media Power Point mempunyai banyak kelebihan untuk digunakan sebagai media penyampaian layanan pembelajaran. Dengan menggunakan media powerpoint siswa akan lebih memperhatikan materi yang diberikan karena metodenya bervariasi sehingga proses pembelajaran lebih kondusif. Selain itu, guru juga lebih mudah menjelaskan karena materi yang disampaikan bersifat point-point.
DAFTAR PUSTAKA
Sukardi, Dewa Ketut. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada
http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_PowerPoin
http://www.scribd.com/doc/95269475/Kelebihan-Dan-Kekurangan-Power-Point


Tidak ada komentar:

Posting Komentar